Alergi Terhadap Penisillin

0 comments
Penisillin bersama sama dengan antibiotik lain mempunyai khasiat untuk mengurangi timbulnya berbagai penyakit menular seperti radang paru-paru, TBC, diphteri, dan lain sebagainya.

Walaupun penisillin aman bagi sebagian besar orang, namun bagi sebagian orang lain penisillin dapat menimbulkan efek alergi. Yang paling serius yaitu anaphylaxis, suatu alergi yang sangat keras yang dapat menyebabkan kulit menjadi ruam/memerah, gatal, kesukaran bernafas, sampai ketidaksadaran.

Untuk mengenali hal tersebut, coba ingat-ingat kembali suatu saat yang lalu. Pernahkah anda minum antibiotik (penisillin), dan apakah gejala gatal gatal badan menjadi merah terjadi pada anda. Jika iya, bisa jadi anda alergi pada penisillin. Sebaiknya anda mengkonsultasikan pada dokter anda mengenai hal ini dan jangan lupa sampaikan juga kepada keluarga terdekat anda. Dengan demikian, pada saat anda sakit, dan terpaksa berobat disuatu tempat baru (blm ada riwayat medis anda) dan saat itu pula anda tidak dapat memberikan keterangan atau info pada dokter (karena kondisi anda sangat lemah misalkan), orang terdekat anda akan dapat memberitahukan bahwa anda alergi terhadap penisillin.

0 comments:

Posting Komentar